Maandag 18 Maart 2013




   AMIDA DAN ASIL KLORIDA

AMIDA
      Amida adalah senyawa yang sangat tidak reaktif, karena protein terdiri dari asam amino yang dihubungkan oleh ikatan amida. Amida tidak bereaksi dengan ion halida, ion karboksilat, alkohol, atau air karena dalam setiap kasus, nukleofil yang masuk adalah basa lemah dari gugus pergi amida.

    Amida dapat bereaksi dengan air dan alkohol jika campuran reaksi dipanaskan dalam suasana asam.

     sifat-sifat Fisik Amida
  • Polar
  • Mudah larut di dalam air karena dengan adanya gugus C=O dan N-H memungkinkan terbentuknya ikatan hidrogen.
  • Umumnya berupa padat pada suhu kamar kecuali : formamida berbentuk
  • Amida tidak dapat menghantarkan listrik
  • Amida memiliki titik didih tinggi,dan ketika cair adalah pelarut yang baik
   
        SIFAT KIMIA
Dalam mempelajari sifat-sifat kimia masing-masing kelompok turunan asam karboksilat, terlebih dahulu harus dipahami. Ciri-ciri umum reaksinya seperti yang di uraikan di bawah ini :
Keberadaan gugus karbonil dalam turunan asam karboksilat sangat menentukan kereaktifan dalam reaksinya, walaupun gugus karbonil tersebut tidak mengalami perubahan. 
Gugus asil ( R-C=O ) menyebabakan turunan asam karboksilat mudah mengalami substitusi nukleofilik. Dalam substitusi ini, atom/gugus yang berkaitan dengan gugus asil digantikan oleh gugus lain yang bersifat basa. Pola umum reaksi substitusi nukleofilik tersebut dituliskan dengan persamaan reaksi       
      
Amida dengan rumus umumnya NH2 adalah turunan dari asam karbosilat yang diperoleh dari penggantian –OH pada gugus –COOH oleh gugus –NH 2. Dalam pemberian namanya, akhiran –Oat atau –At dalam nama asam induknya diganti dengan kata amida.
Contoh:                HCOOH     : Asam metanoat / asam format 
                            HCONH2    : metanamida(IUPAC)
Pembutan Amida 
Amida dibuat dengan mereaksikan amonia pada klorida asam atau anhidrida asam
Amida merupakan turunan dari asam karboksilat yang memiliki sifat tidak reaktif.

Asam klorida(HCL)
Asil klorida (juga dikenal sebagai asam klorida) memiliki rumus umum RCOCl.Asam klorida pertama kali ditemukan sekitar tahun 800 sesudah masehi oleh ahli kimia jabir bin hayyan(Geber) dengan mencampurkan natriun klorida dengan asam sulfat.
 Asam klorida adalah larutan akuatik dari gas hidrogen klorida.
Asam klorida harus di tangani dengan hati-hati karena merupakan cairan yang sangat korosif (dapat menyewbabkan pengikisan) dan berbau menyengat. HCL termasuk bahan kimia berbahaya.


Mengapa amida itu hanya dapat bereaksi dengan air dan alkohol jika campuran          reaksinya dipanaskan dalam suasan asam. 
Megapa tidak dapat bereaksi dengan basa ?

1 opmerking:

  1. Amida bisa bereaksi dengan basa tentunya. Jika ethanamide dipanaskan dengan larutan natrium hidroksida, gas amonia akan lepas dankita hanya mendapatkan larutan yang mengandung natrium etanoat.
    CH3COONH2 + NaOH ---> CH3COONa + NH3

    silahkan lihat di:
    http://id.scribd.com/doc/93070453/Makalah-Amida

    AntwoordVee uit